5 Peristiwa penting yang berpengaruh terhadap Indeks Harga Saham Gabungan

5 Peristiwa penting yang berpengaruh terhadap Indeks Harga Saham Gabungan

Memilih aset investasi sebagai pilihan tentunya tidak boleh asal, investasi tersebut harus mempunyai imbal hasil yang layak dan resiko yang terukur. Untuk memilih – milih jenis investasi apa yang terbaik dengan hasil keuntungan yang cukup tinggi, mungkin saham adalah salah satu jawabnnya. Namun dalam membeli saham ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan antara lain adalah Kondisi ekonomi global adalah kondisi yang melihat dan mencermati isu – isu penting antar Negara, jadi skalanya besar mendunia. Peristiwa – peristiwa tersebut sangat penting dan mempunyai efek terhadap saham yang kita beli , berikut perisriwa penting pengaruh IHSG :

1. Krisis subprime mortage 2008

krisis subprime mortage 2008, saham – saham yang baik secara keuangan seperti perusahaan – perusahaan besar pun mengalami penurunan akibat dari pesimisme dari pasar. Secara keseluruhan, Dow Jones ditutup anjlok 4,4% pada hari itu, atau kehilangan 504 poin. Di Indonesia, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) juga tertekan sebesar 4,7%, hingga terlempar dari level psikologis 1.800 menjadi 1.719,25. IHSG secara akumulatif telah anjlok 33,49%, meninggalkan level psikologis 2.000 (8/9/2008) ke 1.355,41 pada 31 Desember 2018. Bayangkan saja jika kita membeli saham pada waktu akan terjadi krisis tersebut maka tidak hanya mengalami kerugian namun hal tersebut dapat meninggalkan trauma terhadap investasi pasar modal.

2. Pengumuman Brexit

Brexit adalah agenda Negara Inggris untuk keluar dari uni eropa melalui referendum. Sampai sekarang proses tersebut masih belum rampung namun pada awal pengumuman ini dikeluarkan IHSG ditutup di level 4.763,36 atau turun 2,27%, dibanding harga penutupan Kamis, 4.874,30. Pengaruh penurunan tidak lama hanya beberapa hari namun kondisi tersebut akan selalu di waspadai oleh investor. Bagi beberapa trader mungkin akan  memanfaatkan momentum ini untuk melakukan pembelian di harga terendahnya,namun bagi pemula atau yang masih awam hal tersebut akan dapat menimbulkan kepanikan.

3. Kebijakan Donal trump yang memicu Trade war

Hal ini berimbas sampai sekarang, sejak terpilihnya preseiden Amerika Serikat presiden Donal Trump dengan kampanyenya make America great again. Salah kebijakan Trump yang dikhawatirkan yaitu terkait pengenaan tarif impor produk dari China dan Meksiko. Tarif impor produk asal negeri Tirai Bambu akan dinaikkan 40%, sementara untuk produk asal Meksiko akan dinaikkan 30% termasuk tarif untuk Negara lain seperti kanada dan uni eropa.

Namun Negara adikuasa China tidak tinggal diam, China mengatakan akan mengenakan tarif tambahan 5 persen-10 persen pada 5.078 produk AS. Komoditasnya meliputi, kedelai, minyak mentah, dan pesawat kecil. China juga mempertimbangkan memberlakukan kembali tarif mobil dan suku cadang mobil yang berasal dari AS.

Lalu tak terima dengan balasan China presiden Trump pun memerintahkan merelokasi semua pabrik – pabrik besar Amerika seperi Apple yang terdapat di China untuk dipindahkan ke Negara lain seperti Vietnam. Dampak ini terus mempengaruhi IHSG, sejak Presiden Trump terpilih di 2018 dan mulai melancarkan kebijakannya IHSG cenderung mengalami koreksi dan pada 8 Maret 2018 Trump menandatangani 25% tarif untuk baja dan 10% bea masuk atas aluminium.

4. Kenaikan suku bunga dasar The FED

Kenaikan suku bunga ini juga dilakukan pada periode pemerintahan Donal trump, melalui The FEDnya suku bunga dasar telah dinaikkan yang membuat instrument investasi di Negara paman sam tersebut juga naik. Akibatnya dollar pun kembali pulan ne AS yang mengakibatkan kelangkaan dollar sehingga dolar perkasa dan melemahkan rupiah. Hal ini juga menjadi sentiment buruk untuk IHSG, IHSG terpengaruh mengaalmi penurunan seiring pelemahan rupiah.

Masih terdapat isu – isu lain yang perlu dicermati sebelum melakukan pembelian saham, baik besar kecil pengaruhnya isu – isu ini akan dapat membantu kita menentukan timing yang tepat untuk sebelum melakukan pembelian saham.

5. Tax amnesty Indonesia

Sejak Program tax amnesty ini diluncurkan oleh pemerintah pasar saham mejadi bergairah dan mengalami bullish, IHSG mengalami kenaikan terus menerus dari hari ke hari yang efeknya cukup panjang. Pengampunan pajak atau amnesti pajak itu sendiri adalah sebuah kesempatan berbatas waktu bagi wajib pajak tertentu untuk membayar pajak dengan jumlah tertentu sebagai pengampunan atas kewajiban membayar pajak (termasuk dihapuskannya bunga dan denda) yang berkaitan dengan masa pajak sebelumnya tanpa takut penuntutan pidana. berlaku sejak disahkannya Undang-undang nomor 11 tahun 2016 yaitu 1 Juni 2016 hingga 31 Maret 2017.

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar