Analisa saham ANTM di tengah kenaikan harga emas dan nikel

Analisa saham ANTM di tengah kenaikan harga emas dan nikel

Analisa saham ANTM di tengah kenaikan harga emas dan nikel (2-9-2019)

Profil Perusahaan

ANTM atau PT. Aneka Tambang Tbk (masuk dalam indeks LQ45, ISSI) adalah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, pengelolaan dan pemasaran mineral alam. Penambangan meliputi biji nikel, feronikel, emas, perak, bauksit dan pasir besi. Perusahaan ini dimiliki oleh Pt Indonesia Asahan Alumunium (INALUM) sebesar 65% dan selebihnya masyarakat.

Pendapatan perusahaan didapatkan dari 4 sektor yaitu:

1. 44% yaitu  Emas, perak, & jasa permurnian

2. 36% Biji nikel

3. 18% Feronikel

4. 2% bauksit dan batubara

Negara pangsa pasar penjualan ANTM :

1. 42% dalam negeri

2. 21% Eropa

3. 18% China

Sebagai perusahaan yang berhubungan dengan emas maka perusahaan ahir - ahir ini mengalami sorotan dari para pelaku saham, hal itu dikarenakan harga emas yang naik yang diakibatkan kemelut geopolitik antara lain seperti perang dagang, perang currency , brexit yang membuat ketidak pastian global meningkat, maka instrument safe heaven seperti emas dipilih untuk memindahkan investasnya yang mengakibatkan pembelian meningkat dan harga emas naik.

Sumber : Goldprice.org

Tidak hanya sampai disitu saja sentimen lain pada sektor nikel yang ANTM jual juga mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi dari awal tahun sampai pada artikel ini dibuat. Harga nikel yang naik disebabkan kebutuhan yang meningkat seiring dengan perkembangan mobil listrik, sehingga mampu menjadi sentimen untuk kenaikan harga nikel di jangka panjang, ditambah lagi Rusia selaku produsen logam industri tengah dihadapkan pada sanksi untuk beberapa bulan mendatang yang akan membuat pasokan berkurang dan dapat mengangkat harga jual nikel.

Sumber : businessinsider.com

Ke 2 sentimen diatas yang akan menjadi katalis positif untuk ANTM kedepan, prediksi perang dagang yang akan berlangsung lama antara Cina dan AS sampai gantinya pemerintahan juga akan diprediksi dapat mengangkat harga emas semakin tinggi lagi.

 

( Garis hitam =ANTM, biru = NIKEL, merah = EMAS)

Untuk peforma ANTM sendiri mengalami kenaikan di tahun 2017 pendapatan ANTM naik 99.4 % di tahun 2018 dari Rp12,653M ke Rp25,241M, untuk pendapatan juga mengalami kenaikan yang fantastis dengan presentase kenaikan laba bersih 540% dari Rp136M di tahun 2017 menjadi Rp540M di tahun 2018.

Untuk Q1-2019 ANTM secara kuartal mengalami kenaikan pendapatan Rp6219 naik 8.5% namun untuk laba bersih mengalami penurunan dengan presentase sebesar -30.1%, untuk Q2-2019 ANTM belum membagikan laporan keuangnya namun, dengan terus naiknya harga komoditas emas dan nikel yang merupakan penjualan terbesar ANTM dapat diprediksiakan emiten ini mengalami kinerja yang lebih positif lagi sampai ahir tahun 2019.

Untuk sat ini ANTM diperdagangkan di harga Rp1170 bagi anda yang menyukasi saham komoditas dan  tertarik untuk melakukan pembelian  saham ANTM dapat melakukan pembelian secara bertahap atau maintance buy.

Untuk pandangan teknikal ANTM mengalami gap up pada opening pagi ini dengan gap up direntang 1080 - 1116 yang menurut kami gap tersebut memungkinkan untuk di tutup terlebih dahulu di beberapa hari atau minggu kemudian, dengan ini kesempatan ANTm untuk melakukan pull back atau swing low kebawah cukup dimungkinkan melihat harga juga seudah menembus area resisttance yang rawan take profit juga.

 Hal lain yang harus dicermati adalah aturan pemerintah terhadap larangan eksport. Nantinya bijih nikel kadar rendah sudah tidak diperkenankan lagi diekspor mulai akhir Desember 2019. Tujuan dari hal ini adalah bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan ekspor produk nikel melalui pengolahan raw material sehingga dapat menghasilkan produk ekspor yang memiliki nilai tambah, dan pada akhirnya mampu mengurangi defisit transaksi berjalan yang sedang menjadi PR pemerintah saat ini.

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar