Aptitude Test

Aptitude Test

Apa itu Aptitude Test?

Tes aptitude adalah ujian yang digunakan untuk mengukur potensi memperoleh pengetahuan atau keterampilan. Tes aptitude dikenal juga sebagai tes bakat, tes ini mengukur kecenderungan seseorang untuk berhasil dalam aktivitas tertentu.

Tes aptitude mengasumsikan bahwa individu memiliki kekuatan dan kelemahan yang melekat, dan memiliki kecenderungan alami untuk sukses atau gagal di bidang tertentu berdasarkan karakteristik bawaan masing – masing.

Aptitude Test tidak menguji pengetahuan seseorang, biasanya sekolah menggunakan tes ini untuk menentukan apakah jurusan siswa selanjutnya. Dalam dunia kerja, departemen personalia atau Human Resource menggunakan tes penilaian karier untuk mempelajari kekuatan dan kelemahan calon karyawan.

Fungsi Aptitude Test

Aptitude Test berfungsi untuk mengetahui dan menentukan jenis karir yang cocok dengan keterampilan dan minat masing – masing individu. Demikian juga untuk pelajar/siswa sekolah dapat mengambil tes bakat untuk mengetahui jurusan mana yang paling cocok sesuai individu tersebut.

Tes Bakat Pendidikan

Beberapa sekolah menyelenggarakan Aptitude Test untuk siswa mulai dari sekolah dasar. Bersamaan dengan tes kecerdasan (IQ test) dan tes prestasi yang mengukur penguasaan siswa terhadap konten akademis, tes bakat dapat digunakan untuk menentukan penempatan jalur – jalur pendidikan yang penting, Dengan demikian diharapkan dapat memberikan keputusan yang paling tepat untuk pelajar.

Misalnya, Tes Bakat Bahasa Modern mengukur potensi siswa untuk berhasil menguasai bahasa asing. Tes bakat juga dapat membantu menentukan apakah seorang siswa membutuhkan layanan pendidikan khusus.

Hasil dari tes ini dapat membantu administrator, orang tua, guru untuk membuat rekomendasi preferitas pendidikan. Skor tinggi dalam tes penalaran mekanis, misalnya, untuk membimbing siswa menuju mata kuliah yang mempersiapkan mereka untuk studi teknik atau desain di perguruan tinggi.

Misalkan siswa yang mendapat nilai bagus dalam tes yang mengukur kecepatan, keakuratan, dan pemecahan masalah dapat direkomendasikan dalam ilmu komputer, keuangan, atau bidang lain yang membutuhkan perhatian terhadap detail.

Tes Penilaian Karir

Beberapa perusahaan menggunakan Aptitude Test untuk membantu membuat keputusan dalam perekrutan karyawan. Tes ini, yang disebut tes penilaian karir, membantu mempelajari lebih lanjut tentang kekuatan dan kelemahan calon karyawan. Tes penilaian karir juga dapat digunakan dalam perusahaan untuk membuat keputusan tentang promosi jabatan.

Tes penilaian situasional adalah jenis tes bakat karir tertentu yang dapat membantu memprediksi bagaimana seorang karyawan menanggapi situasi tertentu di tempat kerja. Tes ini juga digunakan untuk menilai gaya komunikasi karyawan dan kemampuannya untuk bekerja dalam tim.

Beberapa tes penilaian situasional berfokus secara khusus pada karir layanan pelanggan. Tes ini menganalisis ciri-ciri kepribadian yang cocok berhadapan dengan pelanggan atau publik, seperti empati, diplomasi, dan kesabaran.

-------------------------------------------------------------------------------------------------

Jadilah investor pasar saham Indonesia.

Untuk pembukaan akun saham (rekening sekuritas) dapat menghubungi kami disini atau disini

Gratis tanpa dipungut biaya!

 

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar