Cara Analisa Teknikal

Cara Analisa Teknikal

Apa itu analisa teknikal?

Analisa teknikal adalah sebuah analisa yang digunakan dalam industri keuangan dan investasi untuk memprediksi pergerakan sebuah aset baik saham, mata uang maupun harga komoditas berdasarkan harga historis dan volume perdagangan.

Jika dalam analisa fundamental berfokus pada penilaian bisnis seperti laba, pendapatan aset dan hutang untuk analisa teknikal berfokus pada harga dan volume.

Fungsi analisa teknikal

Analisa teknikal berfungsi untuk menentukan timing kapan waktu yang tepat untuk melakukan pembelian dan penjual sebuah aset. Pada analisa fundamental menjawab kualitas dan nilai untuk menentukan saham/aset mana yang layak dibeli sedangkan untuk analisa menjawab untuk timing.

Dengan menguasai teknikal analisis diharapkan seorang investor dapat melakukan aksi kapan yang tepat untuk melakukan tindakan beli maupun jual, menentukan arah trend harga, menentukan level harga penting seperti support dan resistance, membaca volume dan menggunakan indikator.

Analisis teknis seperti yang kita kenal sekarang pertama kali diperkenalkan oleh Charles Dow dan Teori Dow pada akhir 1800an. Dalam dunia profesional gelar Chartered Market Technician (CMT) adalah gelar bergengsi untuk analisis tenikal.

Chartered Market Technician (CMT) dari asosiasi dapat diperoleh setelah tiga tingkat ujian yang mencakup pandangan luas dan mendalam pada analisa teknikal. Hampir sepertiga dari pemegang piagam CMT juga merupakan pemegang piagam Analis Keuangan Bersertifikat (CFA).

Dasar - dasar Analisa Teknikal

Sebelum melakukan analisa teknikal berikut adalah teori dasar yang perlu dipahami:

1. Pasar mendiskon segalanya

Maksud dari kalimat tersebut adalah segala sesuatu yang dialami dan terjadi mulai dari fundamental perusahaan hingga faktor pasar yang luas hingga psikologi pasar sudah diperhitungkan, digambarkan dan diwakilkan oleh harga saham. Maka dengan harga saham kita meyakini bahwa segala sesuatu tentang perusahaan sudah masuk dalam pergerakan harga saham itu sendiri.

Jika saham mengalami kenaikan maka perusahaan mendapatkan katalis yang baik dan sebaliknya jika harga turun maka perusahaan mendapatkan katalis yang buruk.

2. Harga bergerak dalam tren

Terdapat 3 trend dalam sebuah pergerakan harga, trend naik, turun dan sideways (menyamping/datar). Harga saham yang mengalami trend cenderung melanjutkan trend tersebut.

Misalkan saham BBCA hingga artikel ini ditulis pergerakan harga sahamnya mengalami kenaikan dilihat dari time frame tahunan.

3. Sejarah cenderung berulang

Sifat pergerakan harga atau pola yang berulang sering dikaitkan dengan psikologi pasar, yang cenderung sangat dapat diprediksi berdasarkan emosi seperti pesimis atau optimis terhadap sebuah saham.

Cara melakukan analisa teknikal

Terdapat beberapa hal yang wajib dikuasai dalam analis teknikal antara lain:

1. Memiliki charting tools

Saat ini sudah banyak sekali charting tools untuk melakukan analisa teknikal, setiap sekuritas sudah menyediakan dan terdapat juga website yang menyediakan gratis.

2. Dapat menentukan sebuah trend

Anda diwajibkan sudah mampu mengidentifikasi sebuah trend baik uptrend, downtrend dan sideways, lalu anda juga harus menguasai trend secara timeframe seperti mayor trend ataupun minor trend.

3. Dapat menentukan support dan resistance

Support dan resistance adalah kecenderungan harga berada baik harga batas atas maupun harga batas bawah. Support dan resistance sangat penting dalam sebuah analisa teknikal menyangkut ketepatan timing aksi.

4. Dapat menentukan sebuah pola atau pattern (price action)

Pola atau pattern adalah formasi harga saham yang masuk dalam rumpun ilmu price action. Baik formasi harga maupun formasi candlestick (bar) harus dikuasai dan diketahui oleh trader dalam analisa teknikal.

5. Dapat membaca volume saham

Volume saham adalah tingkat partisipasi pasar yang dapat digunakan untuk menentukan kecenderungan pasar. Semakin besar sebuah volume maka semakin besar partisipasi pasar yang mencerminkan kelanjutan dari sebuah harga.

6. Dapat menggunakan indikator

Indikator banyak sekali jenisnya, seorang trader harus bisa bagaimana cara menggunakan indikator tersebut menset-upnya dengan benar sesuai kebutuhan.

 

Jadilah investor pasar saham Indonesia.

Untuk pembukaan akun saham (rekening sekuritas) dapat menghubungi kami disini atau disini

Gratis tanpa dipungut biaya!

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar