Cara Mencari Daftar Saham Syariah

Cara Mencari Daftar Saham Syariah

Apa itu Daftar Efek Syariah (DES) ?

Daftar Efek Syariah adalah kumpulan Efek Syariah, yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan atau diterbitkan oleh Pihak Penerbit Daftar Efek Syariah. Daftar Efek Syariah dipilih melaui beberapa tahapan antra lain:

  1. Pertama, Emiten atau perusahaan publik jenis usaha dan kegiatan usahanya tidak bertentangan dengan prinsip syariah.
  2. Kedua, Analisa rasio keuangan emiten atau perusahaan public, pada tahun 2007 waktu itu rasio yang digunakan yaitu rasio Hutang terhadap Ekuitas tidak boleh lebih dari 82%, lalu pada tahun 2012 sampai sekarang diganti rasio Hutang terhadap asset dan Rasio pendapatan non halal dan pendapatan halal, seperti dijelaskan diatas.

Emiten atau perusahaan publik yang sudah memenuhi kriteria dan juga ditetapkan oleh Dewan Syariah maka dikategorikan sebagai efek syariah. Anda dapat mengakses data Daftar Efek Syariah melalui website resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).”

Mencari Saham Syariah Melalui Indeks Saham Syariah

Indeks Saham menurut BEI adalah ukuran statistik yang mencerminkan keseluruhan pergerakan harga atas sekumpulan saham yang dipilih berdasarkan kriteria dan metodologi tertentu serta dievaluasi secara berkala.

Jadi Indeks saham syariah adalah kumpulan saham- saham syariah yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Terdapat 3 Indeks saham syariah yang disediakan oleh Bursa Efek Indonesia yaitu:

1. INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI)

Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) diluncurkan pada tanggal 12 Mei 2011, yang berisikan Seluruh saham syariah di bursa efek Indonesia yang bersumber dari Daftar Efek Syariah.

2. JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII)

Indeks saham syariah pertama di pasar modal Indonesia diluncurkan pada tanggal 3 Juli 2000, yang berisikan 30 Saham syariah dengan kapitalisasi pasar tertinggi dan transaksi harian tertinggi yang bersumber dari Daftar Efek Syariah.

3. JAKARTA ISLAMIC INDEX 70 (JII70)

Indeks saham syariah yang diluncurkan BEI pada tanggal 17 Mei 2018, yang terdiri 70 Saham syariah dengan kapitalisasi pasar tertinggi dan transaksi harian tertinggi yang bersumber dari Daftar Efek Syariah. Semua indeks saham syariah akan di perbarui 2 kali dalam satu tahun sesuai dengan DES (Daftar Efek Syariah).

Untuk dapat mengakses data Indesk saham anda dapat mengunjungi website BEI dengan link https://www.idx.co.id/data-pasar/data-saham/indeks-saham/

 

Jadilah investor pasar saham Indonesia.

Untuk pembukaan akun saham (rekening sekuritas) dapat menghubungi kami disini atau disini

Gratis tanpa dipungut biaya!

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar