Efisiensi alokatif

Efisiensi alokatif

Apa itu Efisiensi alokatif?

Efisiensi alokatif adalah suatu keadaan pasar yang efisien di mana modal dialokasikan dengan cara yang paling menguntungkan antara pihak-pihak yang terlibat. Efisiensi alokatif membuat barang atau jasa diproduksi sampai pada titik di mana unit terakhir memberikan keuntungan kepada konsumen yang sama dengan biaya produksi paling kecil pula (efisien).

Fungsi Efisiensi alokatif

Efisiensi alokasi mengukur perbandingan antara masukan (input) dan luaran (output), di mana input digunakan setepat dan sebaik mungkin untuk memperoleh output yang terbaik. Efisiensi alokasi menjelaskan bahwa bila semua sumber daya yang ada habis teralokasi, maka akan mencapai alokasi yang efisien.

Hal tersebut tentunya dapat diaplikasikan dalam operational sebuah perusahaan menyangkut sumber daya perusahaan tersebut, project investasi yang dapat memberikan perhitungan keputusan yang lebih tepat dan kebijakan lingkungan.

Tujuan Efisiensi Alokasi

Efisiensi berarti bahwa modal digunakan secara optimal dan tidak ada distribusi modal lain yang dapat memberikan hasil yang lebih baik. Efisiensi alokasi terjadi ketika para pihak dapat menggunakan data yang akurat dan tersedia yang tercermin di pasar untuk membuat keputusan tentang bagaimana mengalokasikan sumber daya mereka.

Ketika semua data yang mempengaruhi pasar tersedia untuk digunakan dalam pengambilan keputusan, perusahaan dapat membuat keputusan yang akurat dari kelengkapan data tersebut.

Selanjutnya produsen dapat membuat langkah tentang proyek apa yang paling menguntungkan dan produsen dapat mengalokasikan sumber daya untuk menghasilkan produk yang terbaik yang diinginkan oleh pasar.

Dalam ilmu ekonomi, efisiensi alokatif terjadi di persimpangan kurva penawaran dan permintaan yang disebut titik ekuilibrium. Harga yang ditawarkan sama persis dengan permintaan untuk penawaran tersebut pada harga tersebut, sehingga semua produk terjual.

Sumber: cerdasco.com

Pasar Efisien (efficient Market)

Pasar yang efisien adalah pasar di mana semua data terkait mengenai pasar dan aktivitasnya tersedia untuk semua pelaku pasar dan selalu tercermin dalam harga pasar. Ketika pasar secara informasi efisien, semua informasi yang diperlukan dan relevan tentang pasar tersedia untuk semua pihak yang terlibat dalam pasar. Tidak ada pihak yang memiliki keunggulan informasi dibandingkan pihak lain.

Ketika pasar efisien secara transaksional, semua biaya transaksi menjadi wajar dan adil, membuat semua transaksi dapat dieksekusi secara setara oleh semua pihak. Tidak ada transaksi yang sangat mahal bagi pihak manapun.

Pasar Tidak Efisien (Inefficient Market)

Pasar tidak efisien adalah pasar di mana harga aset tidak secara akurat mencerminkan nilai sebenarnya, yang mungkin terjadi karena beberapa alasan. Inefisiensi sering kali menyebabkan kerugian untuk para pihak. Pada kenyataannya mayoritas pasar memang menunjukkan ketidak efisiensinya.

Kondisi-kondisi berikut yang memungkinkan Pasar Tidak Efisien, antara lain:

  1. Terdapat sejumlah kecil pelaku pasar yang dapat mempengaruhi harga.
  2. Harga dari informasi mahal dan terdapat akses yang tidak seragam antara pelaku pasar yang satu dengan yang lainnya terhadap suatu informasi yang sama.
  3. Informasi yang disebarkan dapat diprediksi dengan baik oleh sebagian pelaku-pelaku pasar.
  4. Pelaku pasar adalah individu-individual yang lugas (Naif Invetsors) dan tidak canggih (Unsoph’s ed Investors).

Untuk pasar yang tidak efisien masih banyak pelaku pasar yang bereaksi terhadap informasi secara lugas, karena mereka mempunyai kemampuan yang tebatas di dalam mengartikan dan menginterpretasikan informasi yang diterima. Oleh karena itu sering kali mereka melakukan keputusan yang salah.

 

--------------------------------------------------------------------------------------------------

Jadilah investor pasar saham Indonesia.

Untuk pembukaan akun saham (rekening sekuritas) dapat menghubungi kami disini atau disini

Gratis tanpa dipungut biaya!

 

 

 

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar