Jenis - jenis tipe atau gaya pelaku saham

Jenis - jenis tipe atau gaya pelaku saham

Kali ini ita akan membahas sebutan para pelaku atau pemain di dunia saham, sebutan itu diberikan berdasarkan jenis - jenis tipe atau gaya pelaku saham yang ada karena kebiasaan atau cara mereka yang berbeda - beda dalam mencari keuntungan, berikut jenis - jenis atau gaya pelaku saham :

1. Scalper

Scalper adalah julukan bagi trader yang  hold posisi hanya beberapa detik atu menit saja, membeli saham dan menjualnya dengan eksekusi yang sangat cepat, biasanya keuntungan yang dcari tidak banyak berkisar 1% saja, trader ini harus memantau pergerakan harga secara real time dan fokus pada layar, karena jika tidak eksekusi akan tertinggal.

2. Day trader

Day trader adalah julukan bagi trader yang hold posisi sampai jam perdagangan berahir, biasanya trader ini membeli waktu pagi hari dan menjual sore atau membeli sore menjual pagi hari di hari esok, jika perdagangan sudah selesai trader ini juga membersihkan posisinya baik jual rugi maupun posisi impas.

3. Swing trader

Swing trader adalah julukan bagi trader yang hold posisi hari hinga beberapa minggu, swing trader sudah mempunyai trading plan dengan keuntungan yang cukup tinggi berkisar 5% karena jarangnya eksekusi. Swing trader juga biasanya menjual sahamnya yang sudah tidak naik untuk eberapa minggu dan switch atau mengganti saham lain.

4. Position Trader

Position trader adalah julukan bagi trader yang hold posisi sampai bulanan, position trading sangat cocok bagi karyawan, mahasiswa yang mempunyai jam padat namun juga kurang bisa bersabar untuk menjadi investor yang harus menunggu hingga tahunan. Position trader tidak menjual sahamnya walaupun sudah beberapa minggu atau bulan tidak naik, position trader mencari posisi swing sampai harga tertingginya dalam tahunan untuk melakukan aksi jual tentunya target yang di rencanakan cukup tinggi.

5. Investor

Investor adalah julukan bagi seorang yang membeli saham ata asset yang hold sampai tahunan, investor tidak memperdulikan naik turunnya harga, investor membeli masa depan perusahaan dalam jangka waktu yang lama 3 tahun bahkan 20 tahun keatas, namun untuk menjadi seorang investor kita harus mempunyai kesabaran ekstra dan kemampuan mengabaikan asset saham kita.

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar