Metriks model bisnis adsense/iklan online

Metriks model bisnis adsense/iklan online

Startup Dengan Bisnis Model ads/iklan online

Startup dengan Bisnis model adsense adalah sebuah perusahaan startup yang mempunyai model bisnis pemasaran kontekstual dimana perusahaan mendapatkan pendapatan dari tayangan iklan/aksi dari pengunjung yang datang atau traffic. Sedangkan Iklan online (digital marketing) adalah iklan yang menggunakan internet sebagai media tempat promosi, baik yang ditampilkan melalui komputer, smartphone maupun perangkat lain.

Jenis – jenis Iklan Online

1. Paid Search

Paid Search adalah layanan promosi pada mesin pencari. Sebagai contoh dalam mesin pencari google yang dapat kita temui iklan – iklan pada hasil pencarian kita.

Sumber : google

 

2. Paid Social

Paid sosial adalah jasa promosi lewat media sosial seperti Facebook Ads, Instagram Ads, dan Twitter Ads dll.

3. Email Marketing

Email marketing adalah jasa promosi melalui pengiriman pesan komersial seperti newsletter dan promosi via email. Email marketing juga menampilkan beberapa tampilan iklan saat kita membuka email kita.

4. Remarketing

Google Ads Remarketing adalah jasa promosi iklan online terhadap orang-orang yang sudah mengunjungi situs web atau aplikasi. Saat orang-orang tersebut meninggalkan website dari website yang telah dikunjungi, mereka akan mulai melihat iklan-iklan. Tujuan utama dari remarketing ialah untuk mempertahankan buying intent atau keinginan membeli dari calon pelanggan.

5. Video Marketing

Video marketing adalah jenis promosi menggunakan media video. Video marketing sering kita temui di kanal youtube dan sejenisnya.

 

Daftar Adsense alternatif

Adsense tidak hanya dari google saja, beberapa perusahaan pengiklan juga mengeluarkan adsense dari banyak perusahaan, berikut alternatif adsense selian google adsense:

1. AdNow

2. MediaNet

3. Propeller Ads

4. Infolinks

5. Adsterra

6. PopAds

 

Matriks bisnis model adsense/iklan online

Berikut adalah variabel atau metriks penting yang digunakan untuk startup:

1. Traffic/Visitor

Traffic/Visitor adalah jumlah keseluruhan pengunjung dari sebuah blog,website atau kanal youtube dalam kurun waktu tertentu. Tidak hanya Traffic/ namun Traffic/Visitor buatan atau bot juga terhitung sebagai visitor, maka biasanya website tertentu memberikan cek atau validasi untuk memasuki sebuah website demi mendapatkan data yang akurat.

2. Unique Visitor

Unique Visitor (UV) adalah visitor unik yang mengunjungi blog anda lebih dari sekali. Contoh saja seperti pengunjung yang mengakses blog pada hari tertentu dan kembali mengunjungi kembali maka itu digolongkan sebagai visitor unik. Namun apabila pengunjung hanya mengakses blog anda sekali dan tidak pernah kembali lagi maka hanya digolongkan sebagai visitor biasa saja.

3. Advertiser

Advertiser atau disebut juga situs penyedia iklan adalah pihak yang akan menempatkan iklannya pada sebuah website atau blog yang mempunyai kebijakan pembayaran yang berbeda – beda.

4. Cost Per Click (CPC)/Klik

Cost Per Click (CPC) atau pay-per-click (PPC) adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh para pemasang iklan kepada penyedia platform ketika iklan mereka diklik oleh pengguna internet. CPC sangat penting dari sinilah keuntungan didapatkan. Cost Per Click (CPC)/Klik menghitung jumlah ratio klik iklan, semakin tinggi klik iklan maka semakin banyak kita mendapatkan pundi-pundi penghasilan. CPC tidak akan selalu sama, CPC pada kondisi tertentu akan berbeda-beda.

5. Click-Through Rate/ rasio klik tayang

Click-Through Rate atau rasio klik tayang adalah Rasio yang menunjukkan seberapa sering orang-orang yang melihat iklan Anda pada akhirnya mengklik iklan tersebut. Rasio klik-tayang (CTR) dapat digunakan untuk mengukur seberapa baik performa kata kunci dan iklan Anda.

Berikut ini rumus untuk menghitung penghasilan RKT :

RKT = jumlah klik / jumlah tayang

Misalnya, jika Anda menerima 10 klik untuk 1000 tayangan halaman maka RKT laman Anda adalah 1%.

 

6. PPS / RPM (Revenue Per Thousand Impression)

Pendapatan per 1.000 tayangan (PPS) atau RPM atau Revenue Per Thousand Impression adalah taksiran penghasilan yang Anda peroleh untuk setiap 1.000 tayangan yang Anda terima.

Rumus:

PPS Tayangan = (Penghasilan Tertaksir/jumlah Tampilan Laman) x 1.000

 

Sebagai alternatif untuk menghitung berapa besar pendapatan dari adsense anda, anda dapat menggunakan situs penghitung adsense milik goolge yaitu https://www.google.com/intl/id_id/adsense/start/. Kita hanya akan memberikan input negara bagian dan tema tentang blog atau website kita.

 

Pendapatan tersebut hanyalah Estimasi yang didasarkan pada kategori konten dan wilayah yang dipilih. Pendapatan sebenarnya bergantung pada berbagai faktor seperti permintaan pengiklan, lokasi pengguna, perangkat pengguna, vertical konten, tren musiman, ukuran iklan, dan nilai tukar mata uang. Namun sudah cukup akurat dalam memberikan estimasi pendapatan.

 

 

 

 

 

 

 

 

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar