Bearer Share

Bearer Share

Apa Itu Bearer Share ?

Bearer Share atau saham tunjuk adalah efek ekuitas yang sepenuhnya dimiliki oleh orang atau entitas yang memegang sertifikat fisik saham tersebut, oleh karena itu disebut saham "pembawa/bearer". Perusahaan yang menerbitkan tidak mendaftarkan pemilik saham atau melacak pengalihan kepemilikan perusahaan. 

Perusahaan membagikan dividen kepada pemegang saham ketika sertifikat fisik saham ditunjukkan ke perusahaan. Karena saham tersebut tidak terdaftar pada otoritas yang berwenang maka, cara mengalihkan kepemilikan saham hanya  dengan melakukan penyerahan dokumen fisik, jadi siapapun yang memegang sertifikat fisik saham tersebut adalah pemilik sah sertifikat berharga tersebut.

Mekanisme Bearer share

Bearer share tidak memiliki kendali atas saham biasa karena kepemilikan tidak pernah dicatat. Saham bearer atau saham unjuk mirip dengan Bearer Bond atau Obligasi Unjuk, yang merupakan aset pendapatan tetap yang  dimiliki pemegang sertifikat fisik, jadi siapapun yang memegang sertifikat fisik asset tersebut adalah pemilik sah asset tersebut.

Untuk saat ini penggunaan Bearer Share sangat sedikit, karena banyak Tindakan illegal terkait anonimitas kepemilikannya, lalu banyak dari perusahaan yang melantai di bursa lebih memilih menerbitkan saham terdaftar (registered share) selain itu seiring perkembangan teknologi lebih efektif dan efisien menyimpan saham dalam bentuk elektronik/scripless

 

Kelebihan Bearer share

Benefit yang didapatkan dari memiliki Bearer Share atau saham unjuk adalah privasi, karena pada sertifikat saham unjuk tidak tertulis nama pemilik dan saham tersebut tidak teregistrasi, walaupun bank yang menangani transaksi mengetahui informasi kontak orang yang membeli saham namun, dibeberapa wilayah Bank tidak memiliki kewajiban hukum untuk mengungkapkan identitas pembeli lalu, Bank juga dapat menerima pembayaran dividen atas nama pemegang saham dan memberikan konfirmasi kepemilikan pada rapat umum pemegang saham.

Selain itu, pembelian bearer share dapat dilakukan oleh perwakilan, seperti firma hukum dari pemilik sebenarnya.               Perlindungan aset adalah alasan paling umum  investor untuk memiliki Bearer Share karena privasi yang diberikan. Misalnya investor yang tidak ingin mengambil risiko asetnya disita sebagai bagian dari proses hukum seperti perceraian atau gugatan tanggung jawab dapat menggunakan Bearer share atau saham unjuk untuk mengamankan kekayaan. 

 ------------------------------------------------------------------------------------------------

Jadilah investor pasar saham Indonesia.

Untuk pembukaan akun saham (rekening sekuritas) dapat menghubungi kami disini atau disini

Gratis tanpa dipungut biaya

 

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar