Bearish Engfulfing

Bearish Engfulfing

Apa itu Pola Bearish Engfulfing ?

Pola bearish engfulfing adalah pola formasi chart dalam rumpun analisa teknikal yang menandakan harga yang akan mengalami penurunan. Polanya terdiri dari Candel naik namun setelahnya muncul candel turun besar (Body candel besar) yang ukuran candel nya lebih besar dari  candel naik sebelumnya. Pola ini penting karena menunjukkan tekanan penjualan lebih besar dari tekanan pembelian dan berotensi mengakibatkan harga untuk turun atau koreksi daripada melanjutkan kenaikan

Pola Bearish engfulfing dapat terjadi di mana saja, namun lebih signifikan terjadi setelah kenaikan harga. Hal Ini dapat menandakan tren naik yang terjadi akan berubah menjadi  tren turun yang lebih besar.

Bagaimana membaca Pola bearish Engfulfing

Pola bearish engfulfing terlihat di penghujung beberapa candel kenaikan harga. Hal ini ditandai dengan candle pertama dengan momentum naik lalu dibalas oleh candle kedua yang lebih besar namun menunjukkan pergerakan harga ke arah yang lebih rendah/turun. Candel turun yang lebih besar menunjukkan tekanan jual yang lebih besar daripada candel turun hanya sedikit lebih besar dari candel naik.

Sebelum mengambil keputusan berdasarkan pola bearish engfulfing, trader biasanya menunggu candel kedua ditutup, dan kemudian mengambil tindakan pada candel berikutnya. Tindakan yang dapat diambil yakni menjual  setelah pola engulfing bearish terkonfirmasi terbentuk, atau mengambil posisi stop loss.

Contoh pola Engfulfing

 

Candel pertama Kenaikan harga dibalas dengan candel penurunan yang lebih besar (warna merah) hal ini bisa menandakan harga akan koreksi atau turun.

Sumber : Pusatis.com

Terlihat pada gambar diatas, setelah beberapa Candel kenaikan muncul pola Bearish engfulfing yang lebih besar dari pada candel kenaikan, setelah itu harga bergerak turun dan berubah menjadi trend bearish.

Perbedaan Pola Bearish Engfulfing dan Bullish Engfulfing

Secara umum Kedua pola ini berlawanan arah, jika Bearish Engfulfing menandakan penurunan maka Bullish Engfulfing menandakan kenaikan. Pola Bullish Engfulfing terjadi setelah harga bergerak turun setelah itu ada tekanan beli yang ditunjukkan dengan muncul nya candel  harga naik yang lebih besar, contohnya sebagai berikut:

 

Candel pertama adalah candel penurunan lalu setelah itu muncul candel naik yang lebih besar hingga menutupi seluruh body candel merah, pola inilah yang disebut dengan Bullish Engfulfing.

 Kelemahan Pola Bearish Engfulfing

 Candel yang menutupi candel sebelumnya atau candel kedua juga bisa berukuran sangat besar. Hal ini membuat trader mengalami stop loss yang sangat besar jika memilih untuk trading pada pola tersebut, atau potensial keuntungannya tergerus cukup besar.

Menetapkan target take profit juga sulit dilakukan dengan pola engulfing, karena candel tidak memberikan target harga, karena itu trader perlu menggunakan metode lain, seperti indikator atau analisa lainnya untuk menetapkan target harga atau menentukan kapan harus keluar dari posisi tersebut.

------------------------------------------------------------------------------------------------

Jadilah investor pasar saham Indonesia.

Untuk pembukaan akun saham (rekening sekuritas) dapat menghubungi kami disini atau disini

Gratis tanpa dipungut biaya

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar