Best Alternative to a Negotiated Agreement

Best Alternative to a Negotiated Agreement

Apa itu Best Alternative to a Negotiated Agreement (BATNA)?

BATNA adalah tindakan yang akan diambil oleh pihak yang terlibat dalam negosiasi jika pembicaraan gagal, dan tidak ada kesepakatan yang dapat dicapai. Peneliti negosiasi Roger Fisher dan William Ury menciptakan istilah BATNA dalam buku terlaris mereka tahun 1981 "Getting to Yes: Negotiating Agreement Without Give In"  

BATNA terjadi ketika negosiasi tidak disetujui oleh pihak-pihak yang terlibat dan negosiasi umum seringkali merupakan strategi yang lebih baik dan lebih cepat.

Memahami Best Alternative to a Negotiated Agreement

Para pihak dapat menyesuaikan BATNA dengan situasi apa pun yang memerlukan negosiasi, mulai dari diskusi tentang kenaikan gaji hingga menyelesaikan situasi yang lebih kompleks seperti merger dan akuisisi.

BATNA sangat penting untuk negosiasi karena salah satu pihak tidak dapat membuat keputusan berdasarkan informasi tentang apakah akan menerima kesepakatan kecuali mereka memahaminya. Sementara BATNA mungkin tidak selalu mudah untuk diidentifikasi, para peneliti Harvard telah menguraikan beberapa langkah untuk membantu memperjelas prosesnya:

  1. Buat daftar semua alternatif jika negosiasi Anda saat ini berakhir dengan jalan buntu.
  2. Evaluasi alternatif Anda berdasarkan nilai mengejar alternatif.
  3. Pilih tindakan alternatif yang akan memiliki nilai harapan tertinggi untuk Anda.
  4. Setelah Anda menentukan BATNA Anda di Langkah 3, hitung nilai reservasi Anda atau kesepakatan dengan nilai terendah yang bersedia Anda terima.

Jika nilai kesepakatan yang diajukan kepada Anda lebih rendah dari nilai ekspektasi Anda, Anda harus menolak tawaran tersebut dan mengejar BATNA Anda. Namun, jika penawaran akhir lebih tinggi dari nilai ekspektasi Anda, Anda harus menerima tawaran tersebut.

Misalnya, Perusahaan A membuat tawaran pengambilalihan sebesar 20 miliar kepada Perusahaan B. Namun Perusahaan B yakin bahwa mereka bernilai 30 miliar dalam penilaian . Perusahaan B dengan cepat menolak tawaran tersebut. Namun, yang tidak diperhitungkan oleh Perusahaan B adalah meningkatnya persaingan di industri dan peraturan yang lebih ketat dan akan membatasi pertumbuhannya di tahun-tahun mendatang dan menurunkan valuasinya.

Jika Perusahaan B telah meluangkan waktu untuk memasukkan faktor-faktor ini ke dalam penilaian saat ini, dan dengan jelas bergerak melalui empat langkah BATNA, termasuk  mengevaluasi alternatif untuk tetap berada di jalur dalam lingkungan bisnis yang sulit.

BATNA yang kuat juga dapat membantu salah satu pihak memahami bahwa ia memiliki alternatif yang menarik untuk kesepakatan dan dapat menghindari tawaran yang menggiurkan.

Alternatif Terbaik untuk BATNA dan Taktik Negosiasi Tambahan

Negosiasi lebih dari sekadar menentukan serangkaian alternatif. Memahami nuansa taktik negosiasi dapat membantu meningkatkan hubungan profesional dengan menyelesaikan perselisihan yang sulit.

Memahami negosiasi juga dapat membantu Anda mengevaluasi kekuatan dan kelemahan pribadi dalam menghadapi konflik dan belajar mengelola kecenderungan tawar-menawar.

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar