Cara analisa saham metode komparatif

Cara analisa saham metode komparatif

Apa itu analisa komparatif?

Analisa komparatif adalah suatu analisa dengan cara membanding bandingkan sebuah matriks atau parameter yang dimiliki oleh satu perusahaan dengan perusahaan lainnya dalam satu sektor industri. Syarat utama metode ini adalah harus dibandingkan dalam sektor yang sama karena diyakini dalam sektor yang sama terdapat pasar yang sama dan bisnis model yang sama.

Misalnya perusahaan tambang yang memiliki perbedaan dengan perusahaan makanan dan minuman, tentu kharakteristik sektor industri tersebut berbeda dan memiliki pendekatan analisa yang berbeda.

Fungsi analisa komparatif

Fungsi utama analisa komparatif adalah untuk menentukan perusahaan yang terbaik dalam sektor yang berpotensi menjadi market leader maupun potensi lainnya yang dapat memberikan kesempatan terus tumbuh dan memberikan keuntungan yang optimal bagi investor yang membeli saham tersebut.

Hal – hal yang dibandingkan dalam analisa komparatif

a. Sektor

Industri dan sektor yang sama merupakan hal yang utama untuk memberikan perbandingan yang setara dan sesuai.

b. Bisnis model

Bisnis model mencakup sub-sektor dan layanan perusahaan. Bisnis model juga mencakup bagaimana cara penjualan target konsumen bisa B2C atau B2B dengan teknologi yang handal atau masih konvensional.

c. Kualitas management

Kualitas management menjadi hal penting karena melihat oleh siapa perusahaan dijalankan. Bagaimana pengalaman orang – orang didalamnya, bagaimana tingkat pendidikan mereka dan bagaimana track record mereka sampai saat ini.

d. Growth

Growth melambangkan pertumbuhan perusahaan dari waktu ke waktu, untuk menghitung growth dapat dihitung dengan menggunakan growth rasio yang kemudian dihitung lalu dibandingkan. Perusahaan dengan growth rasio paling tinggi merupakan perusahaan yang diyakini paling bagus terlebih lagi pertumbuhan tersebut mengalahkan rata – rata industrinya. Growth rasio dapat dihitung dengan cara:

Growth rate = ((Present– Past)/Past) x 100

 Present = Nilai/harga saat ini yang terupdate (awal)

Past = Nilai/Harga di masa lalu (perhitungan dimulai atau akhir)

e. ROE dan ROA

ROE adalah rasio yang mengukur perbandingan antara laba dengan modal sedangkan ROA adalah rasio yang mengukur perbandingan laba dengan aset. Rumusnya adalah:

ROA = (Laba Bersih / Total Aset) x 100%

ROE = (Laba bersih / Total Equity) x 100%

Nilai ROA dan ROE yang semakin besar maka semakin baik, hasil perhitungan ROA dan ROE dapat dibandingkan dengan perusahaan sejenis, perusahaan yang memiliki ROA dan ROE artinya adalah perusahaan paling unggul.

f. PER dan PBV

Price Earning Ratio adalah rasio yang menunjukkan perbandingan harga pasar saham biasa dibagi dengan laba per saham (EPS). Semakin tinggi rasio ini akan mengindikasikan bahwa kinerja perusahaan juga semakin membaik, sebaliknya jika PER terlalu tinggi juga dapat mengindikasikan bahwa harga saham yang ditawarkan sudah sangat tinggi atau mahal. Rumus PER adalah sebagai berikut:

Rumus PER = Harga saham/EPS

Price to book value ratio adalah rasio yang menunjukkan seberapa tinggi suatu saham nilai buku saham tersebut. Rumus PER adalah sebagai berikut:

PBV = Harga saham/ Nilai buku (Book Value)

Semakin kecil PER dan PBV maka akan semakin baik, perusahaan dalam industri yang memiliki PER dan PBV paling kecil maka dapat disimpulkan yang paling memiliki peluang harga sahamnya sedang murah yang berarti menarik unruk investor.

g. DER dan DAR

Debt to Equity Ratio atau DER adalah rasio yang digunakan untuk menilai hutang terhadap ekuitas (equity) atau modalnya. Sedangkan Debt to Asset Ratio adalah rasio yang digunakan untuk membandingkan hutang terhadap total asetnya. Berikut rumusnya:

DER = Total Hutang/Total equity

DAR = Total hutang/Total Aset

Perusahaan dalam satu sektor yang memiliki DAR dan DER yang paling rendah maka disimpulkan yang paling baik karena hutang yang kecil.

------------------------------------------------------------------------------------------------

Jadilah investor pasar saham Indonesia.

Untuk pembukaan akun saham (rekening sekuritas) dapat menghubungi kami disini atau disini

Gratis tanpa dipungut biaya

 

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar