Dewan Direksi

Dewan Direksi

Apa itu Dewan Direksi (Board Of Directors)?

Dewan direksi atau Board Of Directors (BoD) adalah sekelompok orang terpilih yang mewakili pemegang saham. Dewan Direksi adalah badan pengatur yang biasanya bertemu secara berkala untuk menetapkan kebijakan manajemen dan pengawasan perusahaan. Setiap perusahaan publik harus memiliki dewan direksi, beberapa perusahaan Swasta dan organisasi nirlaba juga memiliki Dewan Direksi.

Apa yang dilakukan BoD (Board Of Directors)?

Dewan direksi dipilih untuk mewakili kepentingan pemegang saham, Secara umum dewan direksi membuat keputusan atas nama pemegang saham. Dewan Direksi bertugas untuk membuat keputusan mengenai perekrutan dan pemecatan personel, kebijakan dividen dan pembayaran, dan kompensasi eksekutif. Selain tugas tersebut, dewan direksi bertanggung jawab untuk membantu perusahaan menetapkan tujuan, mendukung tugas eksekutif dan memastikan perusahaan memiliki sumber daya yang memadai dan dikelola dengan baik.

Siapa yang dapat menjadi Dewan Direksi (Board Of Directors)?

Dewan Direksi terdiri dari orang internal perusahaan dan orang eksternal yang memenuhi syarat dengan keahlian di bidang terkait. Direktur internal adalah anggota yang memikirkan kepentingan pemegang saham utama, pejabat, dan karyawan, dan yang pengalamannya di dalam perusahaan menjadi nilai tambah.

Sedangkan Direktur eksternal, walaupun tidak terlibat dalam operasional sehari-hari perusahaan, harus membawa pandangan yang objektif dan independen untuk menetapkan tujuan dan menyelesaikan setiap perselisihan perusahaan.

Berapa Gaji Dewan Direksi (Board Of Directors)?

Direktur internal biasanya tidak diberi kompensasi untuk aktivitas dewan karena, sering kali sudah menjadi eksekutif tingkat C, Sedangkan direktur eksternal diberi kompensasi.

Selain menghadiri rapat Dewan Direksi, direktur eksternal sering dipilih karena keahlian dibidang di bidang terkait yang dapat memberikan nilai tambah dalam membina struktur bisnis yang sehat. Nilai Kompensasi dapat bervariasi tergantung pada ukuran perusahaan.

Struktur Dewan Direksi (Board Of Directors)

Struktur dan wewenang Dewan Direksi ditentukan oleh anggaran rumah tangga organisasi. Anggaran rumah tangga dapat mengatur jumlah anggota dewan, cara dewan dipilih dan seberapa sering dewan bertemu.

Struktur dewan dapat sedikit berbeda dalam pengaturan internasional. Di beberapa negara di Eropa dan Asia, tata kelola perusahaan dibagi menjadi dua tingkatan yaitu dewan eksekutif dan dewan pengawas. Dewan eksekutif terdiri dari orang yang dipilih oleh karyawan dan pemegang saham dan dipimpin oleh CEO atau pejabat pengelola. Sedangkan dewan eksekutif bertanggung jawab atas operasi bisnis sehari-hari.

Cara Pemilihan dan Pemberhentian Dewan Direksi (Board Of Directors)

anggota dewan direksi dipilih oleh pemegang saham melalui RUPS dan Seorang anggota dewan direksi kemungkinan akan diberhentikan jika melanggar aturan dasar contohnya, terlibat dalam transaksi yang merupakan konflik kepentingan, atau membuat kesepakatan Menggunakan kekuasaan direktur namun bukan untuk keuntungan finansial korporasi, membuat kesepakan dengan pihak ketiga untuk mempengaruhi suara dewan.

Cara memberhentikan Dewan Direksi (Board Of Directors)

Sedangkan untuk memberhentikan atau memecat dewan direksi ada beberapa tahap, yaitu :

1. Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)

Dewan Direksi dapat diberhentikan sewaktu-waktu berdasarkan keputusan RUPS dengan menyebutkan alasannya. Misalnya, direksi menggunakan wewenang nya untuk memperkaya diri sendiri.

2. Kesempatan membela diri.

keputusan RUPS untuk memberhentikan anggota Direksi  diambil setelah yang bersangkutan diberi kesempatan untuk membela diri dalam RUPS.

Jika keputusan pemberhentian di luar RUPS, yaitu melalui  usul keputusan yang diedarkan (circular resolution) kepada semua pemegang saham, anggota Direksi yang bersangkutan diberi tahu terlebih dahulu tentang rencana pemberhentian dan diberi kesempatan untuk melakukan pembelaan diri secara tertulis sebelum diambil keputusan pemberhentian.

Namun, kesempatan membela diri tidak perlu dilakukan jika direksi yang bersangkutan tidak keberatan terhadap pemberhentian dirinya.

 3. Berlakunya pemberhentian Dewan Direksi

Pemberhentian Dewan Direksi berlaku sejak :

  1. Ditutupnya RUPS
  2. Tanggal keputusan circular resolution
  3. Tanggal lainnya yang ditetapkan dalam RUPS.
  4. Tanggal lain yang ditetapkan dalam circular resolution.

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar