Elon Musk

Elon Musk

Elon Musk adalah seorang insinyur Amerika kelahiran Afrika Selatan, seorang pengusaha yang ikut mendirikan Paypal dan mendirikan perusahaan layanan transportasi ruang angkasa SpaceX. Dia juga salah satu investor awal di Tesla, sebuah perusahaan mobil listrik.

Elon Musk dapat dibilang sebagai seorang jenius, ia dijuluki "Tony Stark modern." dan dia adalah seorang pengusaha yang berbakat. Elon musk juga dikenal sebagai seorang yang jenaka, seperti tweetnya di platform media sosial Twitter tahun 2018, pada Hari April Mop, Musk mengirim serangkaian posting di Twitter yang bercanda bahwa Tesla telah bangkrut.

Fakta Elon Musk

  • Elon Musk bekerja untuk merevolusi transportasi baik di Bumi (melalui pembuat mobil listrik Tesla) maupun di luar angkasa (melalui produsen roket SpaceX).
  • Dia memiliki 21% saham Tesla, tetapi telah menjaminkan lebih dari setengah sahamnya sebagai jaminan untuk pinjaman; Forbes telah mendiskon sahamnya untuk memperhitungkan pinjaman.
  • Dia mengundurkan diri sebagai ketua pada tahun 2018, setelah membuat dugaan "pernyataan palsu" tentang rencana untuk menjadikan Tesla sebagai perusahaan private, yang memicu penyelidikan SEC.
  • SpaceX, perusahaan roket Musk, sekarang bernilai $74 miliar setelah putaran pendanaan terakhirnya pada Februari 2021.
  • Ia dibesarkan di Afrika Selatan, kemudian berimigrasi ke Kanada pada usia 17 tahun. Ia mendarat di AS sebagai mahasiswa pindahan ke University of Pennsylvania. (forbes.com)

Biografi Elon Musk

Elon Reeve Musk lahir pada tahun 1971 di Pretoria, salah satu dari tiga ibu kota Afrika Selatan.

Ayahnya adalah seorang insinyur, dan ibunya adalah seorang model dan ahli gizi. Dia adalah anak tertua dari tiga bersaudara dalam keluarga ambisius. Saudaranya, Kimbal Musk, adalah seorang pemodal ventura dan pencinta lingkungan. Saudara perempuannya, Tosca Musk, adalah produser dan sutradara pemenang penghargaan.

  • Anak Broken Home

Orang tuanya bercerai ketika dia masih kecil, Musk kecil tinggal bersama ayahnya.

Musk mulai sekolah setahun lebih awal, Elon Musk adalah anak yang rajin membaca dan juga penggemar berat komik, ia dikenal sebagai kutu buku.

  • Dibully saat kecil

Musk bersekolah di Waterkloof House Preparatory School, sebuah sekolah yang berbahasa Inggris dan kemudian lulus dari Pretoria Boys High School. Tahun-tahun itu sepi dan brutal, “kata elon musk”.

“Mereka menyuruh sahabat saya untuk memancing saya keluar, sehingga mereka bisa memukuli saya. Dan itu menyakitkan," kata Musk.

  • Membuat game saat kecil

Ketika dia baru berusia 10 tahun, dia berkenalan dengan pemrograman melalui Commodore VIC-20, komputer rumahan yang murah. Tak lama kemudian, dia menjadi cukup mahir dan membuat Blastar, sebuah video game bergaya Space Invaders. Dia menjual kode BASIC untuk game tersebut ke sebuah majalah bernama PC and Office Technology seharga $500.

  • Pindah ke Kanada

Pada usia 17, Musk pindah ke Kanada untuk menghindari wajib militer Afrika Selatan, yang tugas utamanya pada akhir 1980-an adalah menegakkan apartheid.

Setelah pindah ke Kanada, Musk mendaftar di Queen's University di Kingston, Ontario. Di sanalah dia bertemu Justine Wilson, seorang calon penulis. Mereka menikah dan memiliki lima anak, kembar dan kembar tiga, sebelum bercerai pada tahun 2008.

  • Pendidikan Musk di AS

Setelah dua tahun di Queen's University, Musk dipindahkan ke University of Pennsylvania. Dia mengambil dua jurusan.

Musk lulus dengan gelar Bachelor of Science di bidang Fisika, serta Bachelor of Arts di bidang Ekonomi dari  Wharton School . Kedua jurusan tersebut berbicara tentang arah karier Musk kedepannya.

  • Pindah ke California

Musk berusia 24 tahun ketika dia pindah ke California untuk mengejar gelar Ph.D. dalam fisika terapan di Universitas Stanford. Namun, dengan meledaknya Internet dan booming Silicon Valley, Musk memiliki visi lain, yaitu untuk memulai berbisnis, lalu dia meninggalkan program Ph.D. yang baru 2 hari dijalaninya.

  • Awal Karir (Zip2 an Paypal)

Pada tahun 1995, dengan $28.000 dan adiknya Kimbal musk, Elon Musk memulai Zip2.

Pada tahun 1999, Zip2 diakuisisi oleh mesin pencari web AltaVista Compaq seharga $340 juta. Musk menggunakan uang pembelian Zip2 untuk membuat X.com, yang ingin ia bentuk menjadi masa depan perbankan.

X.com bergabung dengan perusahaan bernama Confinity, dan kemudian dikenal sebagai PayPal. Musk kemudian digulingkan dari perusahaan sebelum dibeli oleh eBay seharga $ 1,5 miliar.

  • Space X

Musk pada tahun 2002, membentuk SpaceX. SpaceX mencatat sejarah pada september 2008, karena menjadi perusahaan swasta pertama yang telah berhasil mengirim roket berbahan bakar cair ke orbit Bumi.

Pada tahun 2020, SpaceX membuat sejarah kembali, setelah menerbangkan astronot NASA Doug Hurley dan Bob Behnken, ke luar angkasa dengan pesawat ruang angkasa Crew Dragon. menggunakan roket Falcon 9.

  • Tesla

Pada tahun 2004, Musk bergabung dengan insinyur Martin Eberhard dan Marc Tarpenning untuk membantu menjalankan Tesla Motors, di mana Musk menjadi bagian integral dalam merancang mobil listrik pertama: Tesla Roadster.

Setelah Eberhard digulingkan dari perusahaan pada 2007, menyusul serangkaian ketidaksepakatan, Musk mengambil kendali manajemen sebagai CEO dan arsitek produk. Di bawah pengawasannya, Tesla telah menjadi salah satu merek mobil paling populer didunia.

Selain memproduksi kendaraan listrik, Tesla juga memiliki bisnis di sektor energi surya, berkat akuisisi SolarCity. Didirikan pada tahun 2006, perusahaan layanan energi bersih tersebut saat ini memproduksi dua baterai surya yang dapat diisi ulang, yang digunakan untuk tujuan penyimpanan energy stasioner.

 

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar