Peringkat Obligasi

Peringkat Obligasi

Apa itu Peringkat Obligasi?

Peringkat obligasi adalah cara untuk mengukur kelayakan kredit obligasi, semakin tinggi peringkat Obligasi maka, semakin bagus pula tingkat kualitas kredit penerbit obligasi tersebut dan Semakin tinggi peringkat obligasi, maka semakin rendah tingkat bunga yang akan ditanggung karena resiko obligasi tersebut lebih kecil.

 

Rating Tinggi

Rating Rendah

Resiko

Rendah

Tinggi

Bunga

Rendah

Tinggi

Tujuan menerbitkan Obligasi

Obligasi dapat diterbitkan oleh perusahaan dan bahkan suatu negara, tujuannya adalah mendapatkan dana dari investor untuk digunakan berbagai keperluan seperti ekspansi, pembiayaan proyek pemerintah, dan bahkan untuk keperluan pembayaran hutang yang akan jatuh tempo (Refinancing).

Lembaga Rating

Ada beberapa lembaga rating internasional swasta yang beroperasi seperti Standar & Poors, Moddys dan Fitch yang memberikan penilaian pada sebuah Bond. Sedangkan di Indonesia juga ada perusahaan pemeringkat yang dikenal dengan PEFINDO, Tugas umum lembaga rating adalah untuk menyediakan peringkat atas risiko kredit secara objektif, independen, serta dapat dipertanggung jawabkan atas penerbitan surat utang tersebut.

Peringkat Obligasi

Secara umum pemeringkatan Obligasi terbagi menjadi 2 yaitu Obligasi yang termasuk Investment Grade dan Non-Investment Grade.

Investment Grade adalah kategori obligasi yang penerbitnya dianggap mampu untuk melunasi kewajibannya dengan tepat sehingga resiko gagal bayarnya lebih rendah, dengan peringkat ini penerbit Obligasi dapat lebih mudah dipercayai investor dan dengan masuk dalam peringkat Investment Grade, bunga obligasi yang dibayarkan menjadi lebih rendah, berikut adalah rating investment grade :

Investment Grade

  • AAA (dikenal juga dengan Aaa)
  • AA+, AA dan AA- (Aa1, Aa2 dan Aa3)
  • A+, A, dan A- (A1, A2 dan A3)
  • BBB+, BBB dan BBB- (Baa1, Baa2 dan Baa3)

Sedangkan Non – investment Grade obligasi yang penerbitnya diragukan untuk mampu membayar kewajibannya dengan tepat, oleh karena itu resiko membeli Obligasi ini lebih tinggi, sehingga bunga yang harus dibayarkan kepada investor yang membeli obligasi ini lebih tinggi, berikut ini adalah Rating Non – investment grade :

Non-Investment Grade

  • BB+, BB dan BB- (Ba1, Ba2, dan Ba3)
  • B+, B dan B- (B1, B2 dan B3)
  • CCC+, CCC dan CCC- (Caa1, Caa2, dan Caa3)
  • CC+, CC dan CC- (Ca11, Ca2 dan Ca3)
  • C+, C dan C- (C1, C2 dan C3)
  • D (Default)

 

 

 

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar